Slider-RAK-MINIMARKET
Home Perlengkapan Toko Membuat SOP Minimarket

Membuat SOP Minimarket

Membuat Sop Minimarket menurut langkah – langkah nya sebagai berikut

  1. PRODUCT DEVELOPMENT, Mengatur proses antara lain:
  • Mencari produk dan menjalin kerjasama dengan Supplier (termasuk surat perjanjian dengan supplier).
  • Pembelian produk dari Supplier (cara pemesan, pengiriman, pembayaran ke supplier, retur).
  • Penetapkan harga jual.
  1. PROMOSI DAN PENJUALAN, Mengatur proses antara lain:
  •  Tata cara melakukan promosi (bentuk promosi, biaya, target).
  • Operasional toko (buka, pelayanan dan tutup toko)
  • Pengaturan dan penempatan barang di rak toko.
  • Pencatatan barang yang dibeli oleh pelanggan (menggunakan barcode dan menggunakan system/aplikasi).

    Catatan: dari system/aplikasi dapat diketahui berapa banyak barang yang terjual dan berapa banyak uang yang diperoleh oleh kasir dari hasil penjualan tersebut.

  • Cash count dan setoran uang dari kasir.
  1. GEDUNG DAN MAINTENANCE, Mengatur proses antara lain:
  • Pengadaan sarana: lokasi gedung/toko, PLN, Pam atau air bersih, telkom dan lain-lain termasuk pemeliharaannya.
  • Pengadaan prasarana: AC, rak, meja, kursi, komputer, barcode, telephone, fax, lampu, alat promosi, sign board.
  1. LOGISTIC & GUDANG, Mengatur proses antara lain:
  • Manajemen gudang:
  •  Pencatatan dan pencocokan barang dengan dokumen untuk barang yang masuk (diterima dari Supplier)
  •  Pencetakan dan penempelan barcode yang sudah ditetapkan harga jualnya.
  •  Pembuatan dan pencatatan barang pada kartu stok (in).
  • Penyimpanan barang sesuai dengan kartu stock dan pengelompokan yang telah ditentukan.
  • Pengeluaran barang dari Gudang ke Toko dan melakukan pencatatan pada kartu stock (out).
  • Pemeliharaan barang di Gudang: cara penyusunan dan pengelompokan barang (FIFO).
  1. SUMBER DAYA, Mengatur proses antara lain:
  • Perekrutan karyawan.
  • Kepersonaliaan.
  • Pengaturan Shift.
  • Training, briefing, konseling dll.
  1. PEMBUKUAN DAN KEUANGAN, Mengatur proses antara lain:
  •  Rekonsiliasi harian:
  •  antara data penjualan, dokumen pengeluaran barang dari Gudang ke toko dengan stock yang ada di rak toko.
  • Dokumen penerimaan dari Supplier, dokumen pengeluaran barang dari gudang ke toko dan fisik yang ada di Gudang.
  • Rekonsiliasi mingguan atau bulanan: antara dokumen penerimaan dari supplier, dokumen pengeluaran barang dari Gudang ke Toko, data penjualan dengan barang yang ada di toko dan di gudang.

Catatan: Dari proses rekonsiliasi dapat diketahui persediaan barang yang ada, berapa banyak sisa stok untuk masing-masing barang, kapan harus pesan lagi ke supplier dan berapa banyak qty yang harus dipesan.

  • Pembayaran ke supplier.
  • Pembayaran sewa dan maintenance/ pemeliharaan sarana dan prasarana.
  • Pembayaran gaji karyawan.
  • Penerimaan uang dari kasir dan penyetoran ke bank.

    Membuat SOP Minimarket

    Membuat SOP Minimarket

Info dan Pemesanan :
Beli menggunakan Whatsapp Beli menggunakan SMS Beli menggunakan Call 081233335635
Tombol Berbagi
Posting Sebelumnya
Posting Selanjutnya
smm panelbest smm panel
INFO DAN PEMESANAN VIA WHATSAPP